Kamis, 07 November 2019

TEOLOGI KATOLIK PART 15


III.1.1. ALLAH PENCIPTA

III.1.2. ALLAH PENYELAMAT

Bagian kedua dari Syahadat menyangkut Allah sebagai “Allah Penyelamat”. Karya penyelamatan yang direncanakan Allah sejak semula itu sudah berlangsung pada waktu Perjanjian Lama, tetapi mencapai pemenuhannya dalam Perjanjian Baru ketika Allah menjelma menjadi manusia.
Sejarah Perjanjian Lama adalah sejarah jatuh bangun umat Allah yang lama. Israel sering murtad dan dihukum Tuhan, lalu bertobat dan diselamatkan oleh Allah. Selanjutnya Israel kembali murtad dan kembali dihukum, dan seterusnya. Akhirnya harus dikatakan bahwa bangsa Israel sebagai keseluruhan (yang mewakili bangsa-bangsa lain dan seluruh umat manusia) gagal memenuhi tugas dan panggilan yang dipercayakan Allah kepadanya. Tetapi kegagalan Israel tersebut tidak dapat menghalangi maksud dan rencana Allah dengan umat manusia. Melalui “sisa yang suci” yaitu pribadi-pribadi dalam umat Israel yang setia melakukan pekerjaan Allah (bdk. Yes 10 : 20- 27; 11 : 11- 16), Allah mempersiapkan umat manusia untuk menerima Putera Allah sendiri, Firman Allah yang menjelma menjadi manusia.
Puncak karya keselamatan terletak dalam kenyataan bahwa Yesus Kristus, Putera Allah yang tunggal menjadi solider dengan manusia yang berada dalam kegelapan maut sebagai “upah dosa” (bdk. Rm 6 : 23). Putera Allah yang sejak kekal bersatu dengan Bapa memasuki situasi dosa dunia, menerima kehampaan hidup manusia yang terpisah dari Allah itu dan rela mati bagi manusia. Solidaritas Yesus dengan manusia menjadi sumber keselamatan.
Dalam kebangkitan Yesus, keselamatan diberikan kepada manusia. Kristus bangkit sebagai “yang sulung”, permulaan dari proses penyelamatan yang meliputi dunia seluruhnya. Kebangkitan Kristus merupakan permulaan keselamatan umat manusia. Dalam Kristus, Allah telah menerima umat manusia kembali. Kebangkitan Yesus adalah jaminan masa depan kita. Penerimaan umat manusia oleh Allah dalam Kristus itu disebut sebagai penyelamatan obyektif. Akan tetapi, penerimaan itu masih  harus dinyatakan dalam hidup manusia masing-masing, yakni melalui iman kepercayaan kepada Kristus. Iman itu adalah langkah pertama dalam proses penyelamatan tiap-tiap manusia secara pribadi. Proses inilah yang disebut sebagai penyelamatan subyektif. Penyelamatan subyektif ini hanya mungkin dalam iman. Proses penyelamatan ini tidak selesai sebelum karya keselamatan diterima manusia masing-masing dalam hatinya oleh karena iman.


III.1.3.  ALLAH PEMBAHARU

III.1.3.1  Roh Kudus

Karya Allah dalam Yesus Kristus adalah puncak dari penyelamatan-Nya, dan sebagai puncak maka bersifat menentukan. Ini berarti bahwa kelanjutan karya Allah setelah Yesus bangkit dan naik ke surga itu menurut garis kebijaksanaan yang telah ditetapkan-Nya dalam Kristus. Roh Kristuslah yang menjiwai dan meresapi karya Allah sejak semua sampai sekarang dan juga untuk masa mendatang.
Roh Kristus itu sama dengan Roh Bapa, yaitu Roh Kudus yang mempersatukan Bapa dan Putera dalam Allah Tritunggal yang Mahaesa. Roh Kudus adalah kasih yang berasal dari Bapa dan Putera, ikatan yang mempersatukan mereka. Yang menjadi pekerjaan Roh Kudus ialah yang menjadi pekerjaan cinta kasih : menghidupkan dan menggerakkan, membebaskan dan menyelamatkan, memelihara dan membaharui.
Pekerjaan Roh Kudus dalam Gereja dapat dibandingkan dengan pekerjaan jiwa-jiwa, prinsip hidup dalam tubuh. Pekerjaan yang dimaksudkan adalah menghidupkan, menggerakkan dan mempersatukan. Sebagai kumpulan orang-orang, sebagai badan sosial, Gereja merupakan kenyataan insani. Tetapi, karena dijiwai oleh Roh Kudus, maka kenyataan insani itu dijadikan kenyataan ilahi yang membuat Gereja menjadi Tubuh Kristus. Roh pemersatu yang mempersatukan Bapa dan Putera juga mempersatukan para anggota Gereja dengan Kristus sebagai Kepala Gereja.


" Teologi Katolik 1-14 "



Tidak ada komentar:

Posting Komentar