Kamis, 14 November 2019

Teologi Katolik Part 16


III.1.3.1. Roh Kudus

III.1.3.2. Inspirasi/ Pengilhaman

Secara etimologis, kata inspirasi atau ilham berasal dari kata bahasa Latin inspirare, tetapi kata ini tidak memberikan arti yang tepat. Dalam Ayb 32 : 8, terdapat kata bahasa Yunani untuk inspirasi, yaitu theopneustos, sebuah kata majemuk (pneo + theos) yang berarti "dihembuskan (oleh) Allah”. Dalam kata ini jelas terlihat adanya penekanan pada faktor Allah dalam pekerjaan penulisan, dan sebagainya.

Inspirasi atau pengilhaman adalah pekerjaan Allah melalui RohNya yang menggerakkan, menguasai dan memimpin orang-orang yang telah dipilihNya untuk menuliskan perkataan- perkataan yang dikehendakiNya dalam Alkitab (PL dan PB), tanpa salah dalam bahasa aslinya. Dalam "Inspirasi", Allah menuntun orang-orang yang dipilihNya itu untuk menuliskan "Penyataan" Allah dalam bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia yang lain - (horisontal).

Doktrin Inspirasi membicarakan tentang bagaimana "Penyataan" Allah dituliskan menjadi Alkitab. Kegiatan penulisan "Penyataan" Allah ini menjadi sangat penting artinya karena berhubungan langsung dengan masalah keotentikan dan ketidakbersalahan isinya. Dengan mempercayai bahwa Allah sendirilah yang memilih dan memimpin orang-orang tertentu untuk menuliskan "Penyataan" Allah itu menjadi Alkitab, maka akan terjamin bahwa isinya tidak mungkin salah. Dengan demikian tidak sulit bagi orang Kristen untuk menerima otoritas Alkitab sebagai Kitab yang berperan mutlak memberikan pedoman iman dan kehidupan. Dengan mempercayai bahwa Allahlah yang menginspirasikan seluruh isi Alkitab, maka akan terjamin pula keabsahan dan juga kesatuan kanon Alkitab itu, karena berarti seluruh tulisan itu berasal dari satu sumber, yaitu Allah. Namun demikian, sejarah gereja membuktikan bahwa ada banyak pendapat yang menolak doktrin Inspirasi. Akibat langsung dari menolak doktrin Inspirasi berarti menolak keabsahan Alkitab sebagai Firman Tuhan dan berarti menolak pula otoritasnya yang mutlak. Meskipun terdapat banyak pendapat yang menolak inspirasi, namun sesungguhnya terdapat beberapa bukti yang menunjukkan adanya inspirasi dari Allah, yaitu :

a. adanya penyataan-penyataan yang di luar kemampuan berpikir manusia, misalnya tentang dosa, manusia, keselamatan, Allah Tritunggal, dll.

b. adanya penyataan-penyataan yang bersifat nubuatan, dan yang sekarang sebagian sudah terjadi, yang tidak mungkin muncul dari pikiran manusia.

c. adanya penyataan-penyataan yang bersifat sejarah yang jauh di luar pengetahuan manusia, misalnya tentang kejadian penciptaan dll.

d.  adanya penyataan-penyataan yang mempunyai kuasa yang mengubahkan hidup manusia dari jaman ke jaman.

e.  adanya penyataan-penyataan yang berisi ajaran moral yang sangat tinggi, yang juga diakui oleh agama-agama yang lain.

f.  adanya kesatuan tema dan isi dari seluruh Alkitab, meskipun ditulis oleh penulis-penulis yang mempunyai latar belakang berbeda dan hidup pada jaman yang sangat berbeda.

g.  adanya bukti kelanggengan Alkitab, meskipun sudah dilakukan usaha berkali-kali untuk memusnahkannya.

Besok Kamis Nop II kita akan melanjutkan belajar teologi Dasar tentang iIuminasi. Semoga semakin membantu mendalami pengetahuan tentang ilmu Ketuhanan. Trims.

III.1. IMAN YANG DIAKUI

III.2.    IMAN YG DIRAYAKAN

Kita mengakui iman kita. Kita pun merayakannya. Orang tidak hanya berkumpul untuk bersama-sama bekerja, tetapi juga untuk bersama-sama mengadakan perayaan. Bagaimanakah iman itu dirayakan ?

III.2.1.   Makna Pengenangan

Orang beriman dikumpulkan oleh Allah di dalam Gereja atau di rumah masing-masing (Kis 2 : 46) pada kesempatan suka ataupun duka, dalam kecemasan dan pengharapan. Mereka berkumpul di sekitar Tuhan, dan mereka mengarahkan hati dan perhatian kepada Dia. Mereka mengenangkan Yesus : bagaimana Ia menjadi manusia, menyembuhkan orang sakit, memberkati anak-anak, berkeliling untuk mewartakan kabar gembira, menghadapi sengsara-Nya, wafat dan bangkit pada hari yang ketiga. Alkitab merupakan album keluarga kaum beriman. Mereka tidak hanya mengenangkan fakta masa lampau, peristiwa yang telah lewat. Dalam perayaan itu Tuhan hadir kini dan mengikutsertakan umat dalam hidupNya sendiri.
Gereja adalah persekutuan iman, harapan dan cinta. Gereja adalah persaudaraan orang yang menerima Yesus dengan iman dan cinta kasih. Maka, Roh Kuduslah yang menciptakan persekutuan umat beriman dengan menghimpun mereka dalam Kristus, sebagai prinsip kesatuan Gereja.
Konsili Vatikan II dalam Dokumen Lumen Gentium artikel 8 menyebutkan bahwa Gereja dibentuk karena perpaduan unsur manusiawi dan ilahi. Kesatuan Gereja bukanlah hanya karya Roh Kudus, melainkan juga sebagai hasil komunikasi antarmanusia, khususnya perwujudan komunikasi iman di antara para anggota Gereja. Komunikasi ini terjadi di dalam perayaan iman.
Komunikasi iman mengandaikan pengungkapan iman sebagai sarana komunikasi. Pengungkapan iman bukan hanya meliputi perayaan liturgi atau ibadah, tetapi juga segala pernyataan iman yang khusus dan eksplisit, termasuk perumusan dan pengajaran iman, merupakan pengungkapan iman. Selanjutnya,  pengungkapan iman harus dibedakan dari perwujudan iman. Meskipun kedua-duanya adalah penghayatan iman, namun yang disebut ”pengungkapan iman” ialah segala pernyataan iman dalam bentuk yang khusus dan eksplisit, terutama dalam bentuk pewartaan atau pengajaran dan perayaan gereja. Sedangkan yang disebut ”perwujudan iman” adalah segala perkataan dan tindakan yang memang dijiwai oleh semangat iman, namun tidak secara khusus dan jelas memperlihatkan sikap iman itu. Dalam hal ini, iman memang dihayati, tetapi perwujudannya tidak eksplisit.

"  Teologi Katolik Part 1-16 "

BW



Tidak ada komentar:

Posting Komentar