Sabtu, 04 Januari 2020

MENGAPA MARIA BEGITU PENTING BAGI KATOLIK ?


Oleh: Peter Kreeft

Pertanyaan dari seorang Pembaca :
Sebagai seorang Protestan, saya tidak dapat memahami mengapa ada jurang pemisah antara kita tentang Maria. Anda orang Katolik tampaknya mengidolakan Dia. Hampir semua Protestan merasakannya. Bisakah Anda menjelaskannya?

Saya tidak bermaksud dogma-dogma Anda tentang Maria – Yang dikandung tanpa Dosa dan Kenaikannya ke Surga - Saya tahu argumen yang Anda miliki untuk semua itu. Tetapi saya merasakan ada sesuatu yang lebih besar, lebih dalam, dan lebih tersembunyi yang menjiwai tentang seluruh upaya Katolik memberikan penghormatan kepada Maria ini, apakah itu benar atau salah. Mengapa Dia sejuta kali lebih penting bagimu daripada dia bagi kami? Bisakah Anda menjelaskannya?

Jawaban Peter Kreeft
Saya memahami pertanyaan Anda, dan ini bagus, karena ia memahami bahwa perbedaan kita ( Katolik- Protestan ) bukan hanya tentang doktrin, tentang dogma-dogma. Pertanyaan itu muncul dari sensibilitas, intuisi, “gambaran besar.” Izinkan saya mencoba menjelaskan sisi kami tentang “gambaran besar”; maka Anda dapat menjelaskan pemahaman milik Anda dan merespons pertanyaan kami jika Anda mau.

Setiap orang Katolik yang pindah agama dari Protestan, yang saya tahu, menanyakan pertanyaan seperti yang Anda ajukan. Ini teka-teki yang sangat misterius. Di satu sisi, doktrin-doktrin Maria hampir selalu merupakan satu-satunya hal tersulit bagi seorang Protestan untuk dipahami dan diterima dalam agama Katolik, dan menjadi rintangan terakhir.

Tetapi di sisi lain, begitu orang yang bertobat telah menjadi Katolik untuk waktu yang lama, mereka melihat kembali keberatan Protestan mereka dan tidak dapat memahami mengapa Maria menjadi penghalang; Dia begitu cantik! Apa yang Tuhan lakukan dalam diriNya sangat indah. Dia dulunya adalah minus terbesar bagi mereka, ketika mereka adalah Protestan, dan sekarang Dia adalah salah satu plus terbesar. Ini adalah perubahan dalam kepekaan, dan intuisi, dan penghargaan - bukan hanya pikiran tetapi hati.

Mereka bertanya-tanya, seperti halnya saya, mengapa orang-orang Protestan tidak melihat keindahan semuanya dan mencintai Maria seperti halnya umat Katolik. Mereka melupakan kepekaan Protestan mereka sedemikian rupa sehingga mereka tidak memahaminya lagi. Itu benar bagi saya, dan hampir semua petobat Protestan ke Katolik yang saya kenal. Coba lihat; tanya mereka; sembilan dari sepuluh akan mengatakan hal yang sama.

Jadi, saya tidak dapat menjelaskan sisi Anda tentang kesenjangan yang besar, karena saya lupa bagaimana pandangan saya dulu sebagai seorang Protestan dan mengapa Maria begitu tidak penting bagi kepekaan Protestan saya. Yang bisa saya katakan adalah mengapa Dia sekarang begitu penting bagi saya, bagi kepekaan Katolik saya.

Jika ada satu hal yang benar-benar diyakini oleh orang-orang Protestan, adalah Kristosentrisme, yang terpenting hanya Yesus, mencintai Yesus, memuja Yesus, memandang Dia sebagai Tuhan dan Juru Selamat yang absolut, sebagai segalanya. Ada kelompok Kristen lain yang juga seperti itu.

Biarkan saya mencoba menjelaskan Maria melalui Yesus. Sama seperti Maria tidak pernah menonjolkan diriNya sendiri tetapi hanya kepada-Nya, demikian pula semua doktrin tentang Maria adalah cara-cara memuji bukan hanya Maria tetapi juga Dia ( Yesus). Kami mencintai Maria karena satu alasan: karena kami mencintai Yesus. Semakin kita mencintai Yesus, semakin kita mencintai Maria. Jika kita dapat menilai umat Katolik dalam skala kesucian, semacam grafik spiritual, tiga garis akan hampir sama tinggi atau dalamnya: seberapa suci Anda, betapa Anda mencintai Yesus, dan betapa Anda mencintai Maria.

Fakta empiris dan penjelasannya
Simaklah doa Salam Maria. Yesus berada di jantung doa itu karena Dia berada di jantung tubuhNya, di dalam rahimNya. Lihatlah judul yang kita berikan kepadanya dalam doa itu: “Bunda Allah.” Tidak bisa dipercaya, menakjubkan, luar biasa, luar biasa, luar biasa indah! Apa? Yesus di dalam Maria, inkarnasi sabda Tuhan yang datang kepada kita melalui Maria.

Misalkan Dia memilih untuk datang dengan cara lain. Dia bisa melakukannya. Dia bisa saja muncul secara instan sebagai seorang pria dewasa yang turun dari langit, kebalikan dari Kenaikan. Dia bisa saja turun di puncak gunung, atau di Kuil. Dan jika Dia melakukannya, setiap orang Kristen di dunia yang memujanya akan melakukan ziarah ke gunung itu atau Bait Suci itu. Mereka akan menyukai tempat itu di atas semua tempat di alam semesta. Mereka akan menjadikan tempat itu menjadi sesuatu yang besar dan suci. Mengapa? Karena mereka menjadikan Yesus “besar dan suci”
Nah, mengapa tidak melakukan hal yang sama dengan Maria? Dia adalah tempat di mana satu-satunya hal terpenting dan ajaib serta menakjubkan yang pernah terjadi di dunia ini , terjadi. Inkarnasi Sabda Allah. Itulah yang oleh C. S. Lewis disebut "Mukjizat Agung." Ini jauh lebih besar dari penciptaan alam semesta. Allah yang kekal, abadi, tak terbatas menjadi manusia duniawi, fana, terbatas karena cintaNya kepada kita, untuk keselamatan kita. Kekaguman kita pada “ Mukjizat Agung” itulah yang telah membakar cinta kita kepada Maria.

Inilah poin yang sama dari doa lain, Angelus. Bait kedua dimulai dengan dua kalimat ini kata demi kata dari Injil:
"Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu  "(lihat Lukas 1:38).
Dan kalimat berikutnya mengatakan, “Dan Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita.” Lihat bagaimana hal itu menyandingkan kedua kalimat itu. Kalimat kedua adalah kalimat paling menakjubkan yang pernah diucapkan. Ini memberi tahu kita hal paling menakjubkan yang pernah terjadi: Tuhan menjadi manusia. Dan kalimat sebelum itu memberi tahu kita alasannya, memberi tahu kita penyebabnya: Jawaban “ Ya” dari seorang wanita atas undangan Tuhan.

Itu adalah undangan Tuhan, tentu saja; Malaikat itu hanya tukang pos. Dan itu bukan perintah, itu undangan, dan Maria bisa menolaknya, dan jika Dia melakukannya, maka tidak ada yang bisa pergi ke Surga. Kata-katanya adalah “ Terjadilah kepadaku sesuai dengan FirmanMu.” “Fiat ( persetujuan resmi dan penuh ” “Terjadilah “ Kata yang sama yang Allah ucapkan untuk menciptakan seluruh alam semesta. Sabda Allah, Pribadi Kedua dari Tritunggal Abadi, Yesus Kristus, Tuhan dunia, Juruselamat kita dan satu-satunya harapan kita, segalanya bagi kita. Hal terbesar yang pernah terjadi, terjadi pada diri Maria dan karena Maria.

Jadi, Anda tahu, semakin kita mencintai dan memuja Yesus, semakin kita mencintai dan menghormati Maria. Kita tidak bisa menghentikannya. Kita mencintai Yesus tanpa batas; kita terlalu mencintai-Nya untuk tidak mencintai Maria.

Dari sanalah penghormatan kami kepada Maria berasal. Dan semua gereja Ortodoks Timur juga. Saya harap Anda Protestan dapat menggunakan imajinasi Kristen Anda dan empati Kristen Anda untuk memahami bahwa cinta kami memang luar biasa kepada Maria.Ya, cinta kami untuk Maria luar biasa, karena cinta Tuhan untuk kita yang luar biasa besarnya. Dan kasih Tuhan bagi kita terjadi dalam diri Maria, pertama dalam membuatnya tak bernoda ketika Dia menciptakan jiwanya pada saat pembuahannya, untuk mempersiapkannya bagi jawaban “Ya” yang sempurna dari Maria, dan kemudian menjadikannya Bunda Allah dalam Inkarnasi .
πŸŒΊπŸŒΏπŸ’•πŸ’•πŸŒΏπŸŒΊπŸŒΏπŸ’•πŸ’•πŸŒΏπŸŒΊπŸŒΏπŸ’•πŸ’•πŸŒΏπŸŒΊπŸŒΏπŸ’•πŸ’•πŸŒΏ


Doa Salam Maria :
" Salam Maria Penuh Rahmat..Tuhan sertamu terpujilah engkau diantara wanita, dan terpujilah buah tubuh mu Yesus..Santa Maria bunda Allah doakankah kami yang berdosa ini sekarang dan waktu kami mati amin. "


Next Topic :
" Teologi Katolik Part 1-17 "
> " Selamat Pagi Para Sahabat Yesus "







Sabtu, 21 Desember 2019

Happy a nice weekend...have a wonderfull day..

Happy nice weekend!!!

" Horee...it's family time..selamat berkumpul bersama keluarga...bergembira lah..saat bergembira endorphin..vitamin tubuh dilepaskan " 



Keep in touch my friends...

MT

Minggu, 15 Desember 2019

Happy Monday...Berbuatlah sesuatu untuk kebaikan, jangan menanti berbuat baik..

TIJN SANG MALAIKAT KECIL ❤πŸ’•

Tijn Kolsteren, seorang anak Belanda (umur 5 tahun) pada tahun 2016 lalu, merasa tdk enak badan dan mual. Suhu badannya naik mencapai 41 derajat.

Setelah ke dokter dan RS, Tijn divonis menderita kanker ganas di otaknya. Dokter mengatakan bahwa kemo bisa dilakukan untuk memperpanjang usianya 1 atau 2 tahun.

Orang tua Tijn tentu saja merasa sedih. Si pasien sendiri tetap saja cerah ceria.

Pada saat kemo yg pertama di RS, Tijn bertanya kepada dokter, "Apakah banyak anak yg menderita spt saya dok?"

"Iya... "kata dokter. Di seluruh dunia ada saja anak2 kecil yg menderita spt dia, tetapi tdk semua anak bisa ke dokter.

"?????".. tanda tanya muncul di benaknya.

Dokter menjelaskan, bahwa tidak setiap anak mempunyai orang tua kaya. Di negara2 miskin banyak dari mereka yg menderita menunggu kematiannya.

Setiba di rumah, Tijn bilang kpd ortunya:
"Papa, saya harus bekerja mencari uang untuk membantu anak anak yg sakit kanker otak."

Papa Tijn tertawa terharu dan tidak menggubris ucapannya.

Besoknya, Tijn ke sekolah ijin kepada ibunya ke sekolah dgn membawa kuteks (cat kuku mamanya.)

Di kelas dia berusaha mencari dana dgn cara mengecat ke-10 jari teman2 dgn upah € 1 ( = Rp 15.000).

Hasilnya dimasukan ke kotak roti yg besar. Semua dananya akan disumbangkan utk anak anak yang tidak mampu yg menderita kanker otak.

Ternyata teman temannya menyukai aksi ini. Besoknya, murid murid kelas lain pun minta dicat kuku2 jari tangan mereka.

Singkat cerita, usahanya mengumpulkan dana makin populer. Orang tua Tijn menjadi terharu.

Suatu hari, orang tua Tijn membuatkan rumah kaca di depan rumahnya (karena semakin banyak yang datang ke rumah kecil mereka). Di rumah kaca ini, sepulang sekolah Tijn melakukan pengecatan kuku dengan kuteks.

TV terkenal di Belanda mendengar aksi ini dan mendokumentasikannya.

Sejak itu, datanglah orang2 dari berbagai kota juga para selebritis untuk menyumbang uang Donasi.

Tetapi jangan lupa.. Tijn baru berusia 5 thn dan dalam kondisi sakit.
Para donatur tahu diri.

Banyak yg datang dan bilang: "Cat 1 jari saja ya Nak. Ini uang € 100." Bahkan para selebriti dan pejabat yang datang memberi € 1.000 untuk kutek 1 kuku jari mrk.

Bulan berganti bulan...
Mulai thn 2016 sampai bln Mei 2017, jumlah uang yg terkumpul sekitar

€ 2.800.000

€ 2.800.000 × @ Rp 15.000.= 42 milyar.

Saat ini, semua uang sdh diserahkan ke PALANG MERAH BELANDA.

Hal ini sesuai dgn keinginan Tijn.
"UANG INI SEMUANYA HRS DIBERIKAN KE ANAK2 MISKIN DI SELURUH DUNIA YG MENDERITA KANKER OTAK"

Pada tgl 8 Juli 2017 di pagi hari, Tijn meninggal dunia di rumahnya.

Tijn hanya mencapai usia 6 tahun tetapi namanya dikenang orang sepanjang masa.

Dengan usianya yang singkat Tijn mampu membuat hidupnya berarti.

* Hidup ini bukan untuk menjadi kaya, melainkan bagaimana menjadi berkat bagi orang lain karena Kasih Tuhan **


Kamis, 05 Desember 2019

TEOLOGI KATOLIK PART 17


III.2.1. MAKNA PENGENANGAN

III.2.2. DOA DIDALAM GEREJA & DOA GEREJA

Dalam Gereja dibedakan antara doa pribadi dan doa bersama. Doa pribadi dapa disebut sebagai ”doa di dalam gereja”, dan doa bersama disebut sebagai ”doa gereja”. Doa tidak sama dengan mendaraskan rumus-rumus hafalan, melainkan pertama-tama dan terutama adalah soal pernyataan iman di hadapan Allah. Doa berarti mengarahkan hati kepada Tuhan. Karena itu, doa tidak membutuhkan banyak kata, dan tidak terikat pada waktu dan tempat tertentu, tidak menuntut sikap badan atau gerak-gerik yang khusus. Yang berdoa adalah hati, bukan badan. Maka, yang berdoa sebetulnya adalah Roh Kudus.

Doa Gereja merupakan doa resmi atau sebagai ”liturgi”, yang dapat disebut juga sebagai ”kebaktian” (kata Yunani Leitourgia : kerja bakti). Yang pokok bukanlah sifat ”resmi-nya” atau kebersamaan, melainkan kesatuan Gereja dengan Kristus dalam doa. Dengan demikian, liturgi adalah karya Kristus, Imam Agung dan karya TubuhNya, yaitu Gereja. Liturgi bukan hanya ”kegiatan suci yang istimewah”, melainkan wahana utama untuk menghantar umat Kristen ke dalam persatuan pribadi dengan Kristus.

Liturgi tidak hanya menawarkan aneka bentuk dan rumus doa, tetapi juga menjadi tempat bagi umat untuk merasakan dan menghayati komunikasi dengan Bapa, bersama Putra, dalam Roh Kudus. Di sinilah letak inti pokok dari doa, yaitu adanya kesatuan pribadi dengan Putra dalam penyerahanNya kepada Bapa.  Selain itu, karena liturgi adalah sebuah pujian, maka pokok liturgi adalah pengungkapan hubungan dengan Allah, dengan tekanan pada kehormatan dan kemuliaan Allah. Liturgi memiliki dua segi iman, yaitu kemuliaan Allah dan pengudusan manusia. Pemahaman lain tentan liturgi adalah bahwa liturgi bukanlah sebuah tontonan, melainkan perayaan. Melalui perayaan itu sebagai pengungkapan iman Gereja, orang mengambil bagian dalam misteri yang dirayakan dan tentu saja bukan hanya dengan partisipasi lahiriah. Yang pokok adalah hati yang ikut menghayati apa yang diungkapan dalam doa.

III.2.3. SAKRAMENTALI

Istilah sakramentali muncul pada abad XII, yakni pada tulisan Petrus Lombardus bersamaan dengan pembakuan istilah sakramen bagi ketujuh ritus Gereja. Konsili Vatikan II merumuskan arti sakramentali sebagai tanda-tanda suci yang memiliki kemiripan dengan sakramen-sakramen. Sakramentali itu menandakan kurnia-kurnia, terutama yang bersifat rohani dan yang diperoleh berkat doa permohonan Gereja. Perayaan sakramentali merupakan suatu perayaan kerinduan akan sakramen dan perayaan yang diarahkan kepada perayaan sakramen. Sebab, perayaan sakramentali dapat mengantar dan mempersiapkan orang beriman kepada sakramen-sakramen Gereja. Dengan sakramentali itu, misteri yang dirayakan dalam sakramen semakin diperjelas dan disposisi umat bagi penerimaan sakramen dipersiapkan secara optimal dan berbuah. Hal ini nampak dalam berbagai upacara sakramentali, misalnya pemberkatan air suci, pemberkatan dengan tanda salib pada dahi anak-anak merupakan upacara atau pemberkatan dalam rangka menuju atau mengenangkan atau menghadirkan sakramen baptis;pemberkatan roti, atau doa sebelum dan sesudah makan mengingatkan kita pada ekaristi; berbagai doa untuk orang sakit bagi sakramen pengurapan orang sakit; upacara pertunangan bagi sakramen perkawinan; upacara tobat bagi sakramen tobat; selain itu, ada macam-macam sakramentali, seperti aneka ibadat dan pemberkatan atau juga prosesi.

Perbedaan dasar sakramentali dengan sakramen ialah bahwa sakramentali pertama-tama adalah doa permohonan Gereja, agar Allah memberkati dan menguduskan orang atau benda tertentu. Dengan kata lain, daya guna sakramentali itu terjadi menurut ex opere operantis atau berkat tindakan/ karya Gereja, yaitu karena Gereja memohon, sedangkan daya guna sakramen itu terjadi secara ex opere operato yaitu berkat tindakan atau karya Kristus. Dalam sakramen, Kristuslah yang mengubah dan menguduskan orang itu dan karya Kristus itu tidak berhubungan dengan moral si pelayan.



" Teologi Katolik Part 1-16 "

" Cincin Komitment Kpd Kristus "


Minggu, 01 Desember 2019

Good Morning, Happy monday

" Apapun yang kamu lakukan, walaupun berat.. lakukan dengan senyum, lakukan demi kemuliaan Tuhan ..segala beban berat hilanglah.."






Kamis, 14 November 2019

Teologi Katolik Part 16


III.1.3.1. Roh Kudus

III.1.3.2. Inspirasi/ Pengilhaman

Secara etimologis, kata inspirasi atau ilham berasal dari kata bahasa Latin inspirare, tetapi kata ini tidak memberikan arti yang tepat. Dalam Ayb 32 : 8, terdapat kata bahasa Yunani untuk inspirasi, yaitu theopneustos, sebuah kata majemuk (pneo + theos) yang berarti "dihembuskan (oleh) Allah”. Dalam kata ini jelas terlihat adanya penekanan pada faktor Allah dalam pekerjaan penulisan, dan sebagainya.

Inspirasi atau pengilhaman adalah pekerjaan Allah melalui RohNya yang menggerakkan, menguasai dan memimpin orang-orang yang telah dipilihNya untuk menuliskan perkataan- perkataan yang dikehendakiNya dalam Alkitab (PL dan PB), tanpa salah dalam bahasa aslinya. Dalam "Inspirasi", Allah menuntun orang-orang yang dipilihNya itu untuk menuliskan "Penyataan" Allah dalam bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia yang lain - (horisontal).

Doktrin Inspirasi membicarakan tentang bagaimana "Penyataan" Allah dituliskan menjadi Alkitab. Kegiatan penulisan "Penyataan" Allah ini menjadi sangat penting artinya karena berhubungan langsung dengan masalah keotentikan dan ketidakbersalahan isinya. Dengan mempercayai bahwa Allah sendirilah yang memilih dan memimpin orang-orang tertentu untuk menuliskan "Penyataan" Allah itu menjadi Alkitab, maka akan terjamin bahwa isinya tidak mungkin salah. Dengan demikian tidak sulit bagi orang Kristen untuk menerima otoritas Alkitab sebagai Kitab yang berperan mutlak memberikan pedoman iman dan kehidupan. Dengan mempercayai bahwa Allahlah yang menginspirasikan seluruh isi Alkitab, maka akan terjamin pula keabsahan dan juga kesatuan kanon Alkitab itu, karena berarti seluruh tulisan itu berasal dari satu sumber, yaitu Allah. Namun demikian, sejarah gereja membuktikan bahwa ada banyak pendapat yang menolak doktrin Inspirasi. Akibat langsung dari menolak doktrin Inspirasi berarti menolak keabsahan Alkitab sebagai Firman Tuhan dan berarti menolak pula otoritasnya yang mutlak. Meskipun terdapat banyak pendapat yang menolak inspirasi, namun sesungguhnya terdapat beberapa bukti yang menunjukkan adanya inspirasi dari Allah, yaitu :

a. adanya penyataan-penyataan yang di luar kemampuan berpikir manusia, misalnya tentang dosa, manusia, keselamatan, Allah Tritunggal, dll.

b. adanya penyataan-penyataan yang bersifat nubuatan, dan yang sekarang sebagian sudah terjadi, yang tidak mungkin muncul dari pikiran manusia.

c. adanya penyataan-penyataan yang bersifat sejarah yang jauh di luar pengetahuan manusia, misalnya tentang kejadian penciptaan dll.

d.  adanya penyataan-penyataan yang mempunyai kuasa yang mengubahkan hidup manusia dari jaman ke jaman.

e.  adanya penyataan-penyataan yang berisi ajaran moral yang sangat tinggi, yang juga diakui oleh agama-agama yang lain.

f.  adanya kesatuan tema dan isi dari seluruh Alkitab, meskipun ditulis oleh penulis-penulis yang mempunyai latar belakang berbeda dan hidup pada jaman yang sangat berbeda.

g.  adanya bukti kelanggengan Alkitab, meskipun sudah dilakukan usaha berkali-kali untuk memusnahkannya.

Besok Kamis Nop II kita akan melanjutkan belajar teologi Dasar tentang iIuminasi. Semoga semakin membantu mendalami pengetahuan tentang ilmu Ketuhanan. Trims.

III.1. IMAN YANG DIAKUI

III.2.    IMAN YG DIRAYAKAN

Kita mengakui iman kita. Kita pun merayakannya. Orang tidak hanya berkumpul untuk bersama-sama bekerja, tetapi juga untuk bersama-sama mengadakan perayaan. Bagaimanakah iman itu dirayakan ?

III.2.1.   Makna Pengenangan

Orang beriman dikumpulkan oleh Allah di dalam Gereja atau di rumah masing-masing (Kis 2 : 46) pada kesempatan suka ataupun duka, dalam kecemasan dan pengharapan. Mereka berkumpul di sekitar Tuhan, dan mereka mengarahkan hati dan perhatian kepada Dia. Mereka mengenangkan Yesus : bagaimana Ia menjadi manusia, menyembuhkan orang sakit, memberkati anak-anak, berkeliling untuk mewartakan kabar gembira, menghadapi sengsara-Nya, wafat dan bangkit pada hari yang ketiga. Alkitab merupakan album keluarga kaum beriman. Mereka tidak hanya mengenangkan fakta masa lampau, peristiwa yang telah lewat. Dalam perayaan itu Tuhan hadir kini dan mengikutsertakan umat dalam hidupNya sendiri.
Gereja adalah persekutuan iman, harapan dan cinta. Gereja adalah persaudaraan orang yang menerima Yesus dengan iman dan cinta kasih. Maka, Roh Kuduslah yang menciptakan persekutuan umat beriman dengan menghimpun mereka dalam Kristus, sebagai prinsip kesatuan Gereja.
Konsili Vatikan II dalam Dokumen Lumen Gentium artikel 8 menyebutkan bahwa Gereja dibentuk karena perpaduan unsur manusiawi dan ilahi. Kesatuan Gereja bukanlah hanya karya Roh Kudus, melainkan juga sebagai hasil komunikasi antarmanusia, khususnya perwujudan komunikasi iman di antara para anggota Gereja. Komunikasi ini terjadi di dalam perayaan iman.
Komunikasi iman mengandaikan pengungkapan iman sebagai sarana komunikasi. Pengungkapan iman bukan hanya meliputi perayaan liturgi atau ibadah, tetapi juga segala pernyataan iman yang khusus dan eksplisit, termasuk perumusan dan pengajaran iman, merupakan pengungkapan iman. Selanjutnya,  pengungkapan iman harus dibedakan dari perwujudan iman. Meskipun kedua-duanya adalah penghayatan iman, namun yang disebut ”pengungkapan iman” ialah segala pernyataan iman dalam bentuk yang khusus dan eksplisit, terutama dalam bentuk pewartaan atau pengajaran dan perayaan gereja. Sedangkan yang disebut ”perwujudan iman” adalah segala perkataan dan tindakan yang memang dijiwai oleh semangat iman, namun tidak secara khusus dan jelas memperlihatkan sikap iman itu. Dalam hal ini, iman memang dihayati, tetapi perwujudannya tidak eksplisit.

"  Teologi Katolik Part 1-16 "

BW