Rabu, 30 Oktober 2019

Teologi Katolik Part 13


III.1.1.1 Hakekat Allah 

III.1.1.2  Penciptaan

Orang Kristen percaya akan Doktrin Penciptaan (Teori Kreasi) berdasarkan pada kesaksian Alkitab (Kej 1). Pengetahuan tentang penciptaan tidak mungkin diperoleh dari pemikiran manusia, karena manusia sendiri adalah hasil ciptaan itu. Oleh karena itu kalau bukan Allah sendiri yang menyatakannya (sebagai Pencipta) maka tidak mungkin manusia dapat mengetahuinya.

Penciptaan adalah tindakan bebas Allah di mana Allah menghasilkan dunia dan semua yang ada di dalamnya (baik materi maupun spiritual). Ia menciptakan untuk tujuan yang baik yaitu sebagai pernyataan akan kemuliaan, kekuasaan, kebijaksanaan dan kebaikanNya.

Dalam sejarah, terdapat doktrin atau ajaran tentang penciptaan, seperti :

a.   Gereja mula-mula percaya akan penciptaan sebagai tindakan bebas Allah dan juga ex-nihilo (diciptakan tanpa bahan). Ajaran ini sangat penting pada masa itu, karena untuk melawan ajaran Gnostik yang percaya bahwa materi adalah sesuatu yang jahat. Namun demikian ada perbedaan pendapat tentang sekitar istilah 'hari'; apakah sebagai arti literal atau suatu periode tertentu atau satu waktu tunggal yang tidak terbagi.

b.   Augustinus : Dari kekekalan penciptaan ada dalam kehendak Allah. Tidak ada waktu sebelum penciptaan, karena dunia dijadikan dengan waktu (bukan dalam waktu). Penciptaan adalah tanpa bahan (ex-nihilo). Hari- hari dalam penciptaan adalah sebuah momen waktu untuk memberikan kelengkapan pada keterbatasan intelegensi manusia.

c.   Pada masa Reformasi konsep ex-nihilo dipertahankan dengan kuat, karena :

    -  suatu tindakan bebas Allah

    - diciptakan dalam waktu 6 hari dalam arti  harafiah

d.  Sesudah Reformasi pengaruh ilmu pengetahuan dan konsep modern melahirkan kompromi teologi dengan menganggap bahwa cerita Kej 1 hanyalah cerita mitos/ alegoris. Ada jangka waktu putus sesudah Kej 1:1-2 dengan ayat- ayat selanjutnya. Dan satu hari adalah waktu yang lama sekali yaitu jutaan tahun.
Meskipun banyak ahli yang memperdebatkan tentang Kisah Penciptaan berdasarkan Kej. 1, namun sesungguhnya terdapat bukti alkitab dan adanya dasar teologis yang berkaitan dengan penciptaan, yaitu :

    a. Tindakan Allah Tritunggal keluar dari  Bapa, melalui Putra, di dalam Roh Kudus
        ( 1Yoh 1:30 Kej 1:2;  Yes 40:12-13 )

    b. Tindakan bebas Allah yang menunjukkan akan kedaulatanNya bukan merupakan suatu
        kebutuhan, karena Allah sempurna adanya dan tidak tergantung pada apapun. Dan
        juga Allah tidak menciptakan alam semesta dari diriNya sendiri. Keberadaan alam
        semesta bukanlah perluasan dari keberadaan Allah, karena alam semesta adalah bebas,
        di luar Allah (Ef 1:11; Why 4:11; Ayb 22:2-3; Kis 17:25 )

    c. Tindakan temporal Allah Kej 1:1 "Pada mulanya...." Waktu diciptakan, sebelum
        itu tidak ada waktu. Dunia diciptakan dengan waktu, dan memang mempunyai
        permulaan (Mzm 90:2; 102:26 ).

Teologi Katolik Part 1- 13 "

BW



Tidak ada komentar:

Posting Komentar